Perbedaan Lantai Kayu Solid, Lantai Kayu Vinyl dan Lantai Kayu Laminated

Lantai Kayu - Penggunaan Lantai kayu sudah dilakukan sejak jaman dahulu oleh bangsa Eropa dan hingga sampai sekarang penggunaan jenis lantai ini masih populer bahkan cenderung meningkat. Mungkin dikarenakan masyarakat menginginkan tampilan yang berbeda karena lantai kayu dapat memberikan kesan natural dan juga elegan, selain itu lantai kayu juga dapat meningkatkan nilai jual sebuah properti dengan begitu ketika anda memutuskan untuk memasang lantai kayu maka berarti itu juga sama dengan berinvestasi jangka panjang.

Baca juga : Harga Lantai Kayu terbaru

Ada beberapa jenis Lantai kayu yang beredar di pasaran, jika diambil dari garis besarnya Lantai kayu terdiri dari 3 jenis, yaitu jenis Lantai kayu solid, Lantai kayu Vinyl, dan Lantai kayu Laminated. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, Harganya pun bervariasi mulai dari Lantai Kayu Murah sampai yang cukup mahal, tergantung dengan kualitas dan keawetan yang ditawarkan. Dibawah ini adalah uraian tentang masing-masing jenis lantai kayu :


Lantai Kayu Solid 

Lantai kayu yang satu ini adalah lantai kayu yang sepenuhnya terbuat dari kayu asli, oleh karena itu lantai kayu solid memliki semua sifat alami yang dimilki kayu, salah satunya seperti dapat menyerap panas dan menyimpannya sementara waktu sehingga suhu didalam ruangan akan terasa lebih hangat dibandingkan dengan memakai lantai keramik atau marmer. Jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar ialah kayu jati, kayu bengkirai, kayu sonokeling, kayu ulin dan kayu merbau.

Kelebihan Lantai Kayu Solid :
  • Mudah dibersihkan
  • Tampilan lebih mewah
  • Memiliki kekuatan dan daya tahan yang bagus
  • Investasi jangka panjang
  • Membuat suhu didalam ruang menjadi lebih hangat
  • Dapat di re-coating dan dicat ulang ketika warna mulai kusam

Kekurangan Lantai Kayu Solid :
Memerlukan pemolesan ulang secara rutin setiap 3-4 tahun untuk mempertahankan corak
Akan rusak jika terkena rembesan air oleh karena itu tidak dianjurkan memasang di area yang bersentuhan dengan air, meskipun ada beberapa jenis lantai kayu yang tahan air tetapi jika terlalu sering terkena air tetap saja akan rusak.
Permukaan lantai kayu mudah tergores oleh karena itu hati-hati saat anda memindahkan barang, usahakan pindahkan dengan cara diangkat. Jika anda mempunyai hewan peliharaan usahakan gunting kuku nya agar tidak menggores permukaan lantai.

Lantai Kayu Vinyl 

Jenis penutup lantai vinyl adalah jenis alternatif pengganti lantai kayu solid dan termasuk dalam kategori lantai kayu murah. Vinyl ini bukan terbuat dari kayu melainkan dari beberapa campuran seperti plastik, karet, Linoleum dan PVC. Lantai vinyl ini memiliki kelenturan yang cukup bagus. Lantai jenis ini banyak diproduksi terutama di bagian amerika utara.

Kelebihan Lantai Kayu vinyl :
  • Harga Yang Murah
  • Memiliki stabilitas dan kelenturan yang bagus
  • Bersifat hangat seperti lantai kayu solid
  • Tersedia dengan berbagai macam corak
  • Instalasi yang cukup mudah
Kekurangan Lantai Kayu vinyl :
Kekuatan dan daya tahan yang kurang bagus
Mudah rusak jika terkena gesekan dari furniture atau benda lainnya
Kurang bagus untuk kesehatan karena bahan dasar vinyl terdiri dari beberapa campuran zat kimia
Bila rusak tidak dapat di recoating, harus diganti dengan yang baru.

Lantai Kayu Laminated

Penutup lantai jenis ini adalah tiruan dari lantai kayu solid karena bentuk dan coraknya yang hampir sama, bahan dasar yang digunakan untuk lantai ini adalah HDF (High density Fiber. Lantai kayu laminated terdiri dari beberapa lapisan campuran kayu dan bahan kimia yang kemudian dipress menggunakan mesin, lalu ditambahkan plastik bermotif kayu diatas permukaan lapisan tersebut untuk selanjutnya dilaminating. Jenis penutup lantai yang satu ini kurang lebih memiliki karakteristik yang sama dengan Lantai Kayu vinyl.

Kelebihan Lantai Kayu Laminated :
  • Harga Yang cukup murah
  • Dapat dipasangkan oleh kita sendiri
  • Tersedia berbagai macam tekstur dan corak
  • Cara pemebersihan yang mudah
  • Baik untuk menjaga sirkulasi udara
Kekurangan Lantai Kayu Laminated :
Jika rusak, lantai kayu laminated tidak bisa diperbaiki melainkan harus menggantinya dengan yang baru
Pemasangan lantai kayu laminated di area yang memiliki kelembapan yang tinggi sangat tidak disarankan karena dapat merusak permukaan lantai
Mudah tergores oleh karena itu harus berhati-hati saat memindahkan suatu barang.


Jadi sudah tahu kan jenis, kelebihan dan kekurangan setiap lantai kayu?
Tidak ada salahnya untuk mempercantik tampilan rumah anda dengan lantai kayu karena seperti yang sudah dijelaskan diatas lantai kayu adalah investasi jangka panjang yang bagus terutama untuk lantai kayu solid, juga umur keawetan lantai kayu berada di tangan anda sendiri, tergantung bagaimana perawatan yang anda terapkan. baca juga : Bahan Alami membersihkan Lantai Kayu
Semoga artikel ini bermanfaat.


Perbedaan Lantai Kayu Solid, Lantai Kayu Vinyl dan Lantai Kayu Laminated Perbedaan Lantai Kayu Solid, Lantai Kayu Vinyl dan Lantai Kayu Laminated Reviewed by Central Parquet on 08.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.