Mengenal Lantai Kayu Solid dan Jenis Kayu untuk Bahan dasarnya

Lantai Kayu - Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat banyak, terdapat beberapa sumber daya alam yang dapat dimanfatkan antara lain adalah sumber daya laut, sumber daya hutan dan sumber daya pertambangan. Negara indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di seluruh dunia, oleh karena itu selain memiliki banyak sumber daya alam, terdapat juga pulau-pulau indah yang sudah terkenal sampai ke mancanegara namun dalam artikel kali ini yang akan menjadi topik pembahasan bukanlah Keindahan Pulau tetapi tentang Kekayaan Sumber daya hutan yang bisa dimanfaatkan menjadi produk yang berguna salah satunya dijadikan Lantai Kayu atau Parket.


baca juga : Manfaat Lantai Kayu

Lantai kayu adalah suatu material penutup lantai yang berasal atau dibuat menggunakan bahan dasar kayu asli, jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan dasarnya antara lain adalah Kayu Jati, Kayu Merbau, Kayu Sungkai, Kayu Sonokeling dan masih banyak yang lainnya. Rata-rata jenis kayu yang digunakan adalah berasal dari kelas kayu kuat dikarenakan agar kualitas lantai kayu itu sendiri menjadi lebih bagus.

Lantai Kayu Jati

Untuk mengenal jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan dasar lantai kayu, dibawah ini akan dijelaskan beberapa karakteristik kayu sehingga layak dijadikan bahan dasar pembuatan parket :
  • Kayu Jati 
Di Indonesia Kayu Jati sudah sangat populer di kalangan masyarakat. banyak yang sudah tahu bahwa kayu jati memiliki Keawetan dan daya tahan terhadap perubahan cuaca yang bagus bila dibandingkan dengan kayu jenis yang lainnya.  Kayu Jati ini termasuk kedalam kelas kayu Awet. Memiliki daya tahan terhadap serangan pembusukan karena perubahan suhu dan juga serangan jamur. Pohon jati bisa tumbuh sampai ketinggian 50 Meter dengan lebar diameter rata-rata 1,2 meter. karakteristik warna atau corak yang dimiliki jati biasanya coklat dan diselingi warna putih agak kekuningan. Jati juga memiliki susunan serat kayu yang kecil sehingga memudahkan saat diproses oleh mesin.

Artikel terkait : Lantai Kayu Jati dan Kualitasnya
  • Kayu Merbau
Kayu Merbau memiliki kualitas yang tergolong bagus dan tidak kalah dengan kayu jati, selain itu merbau juga termasuk Jenis kayu dengan nilai komersil yang tinggi.Pohon kayu merbau bisa tumbuh sampai ketinggian 50 m. warna dari kayu merbau biasanya coklat kemerahan. meskipun termasuk kayu yang memiliki daya tahan yang bagus tetapi kayu merbau juga memiliki kekurangan yaitu apabila terkena air akan timbul getah merah yang susah untuk dibersihkan.
  • Kayu Bengkirai
Untuk jenis kayu yang satu ini, dalam industri jual lantai kayu biasanya digunakan sebagai decking atau lantai kayu outdoor dikarenakan jenis kayu bengkirai memiliki tingkat kekerasa yang sangat tinggi dan bobot beratnya pun melebihi berat dari kayu jati. Kayu bengkirai berasal dar Kalimantan
  • Kayu Ulin / Kayu Besi
Kayu Ulin memiliki corak warna Coklat gelap atau warna kuning kecoklatan, Kayu ini merupakan salah satu jenis kayu khas kayu Indonesia. asal kayu ini adalah Pulau Kalimantan dan juga Sulawesi. jenis kayu yang satu ini memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang sangat bagus oleh karena itu kayu ulin memilki nilai komersil yang tinggi di pasaran. dikarenakan memiliki tingkat keawetan dan kekuatan yang bagus maka jenis kayu ini banyak digunakan untuk konstruksi berat contohnya seperti untuk bantalan jalan kereta.

Lantai Kayu Solid dan Tipe Penempatannya

Lantai kayu Solid ini adalah salah satu dari 3 jenis lantai kayu yang beredar dipasaran, 2 jenis lainnya adalah lantai kayu laminated dan lantai vinyl motif kayu yang bahan dasarnya bukan merupakan kayu asli tetapi buatan antara serbuk kayu dan bahan kimia lainnya.

Papan tangga kayu berkualitas

baca juga : Harga Lantai Kayu Permeter dan Biaya Pasang

Dalam produk lantai kayu solid terdapat juga beberap tipe lantai kayu solid yang disesuaikan dengan penempatannya, berikut ini adalah penjelasan untuk produk lantai kayu solid berdasarkan penempatannya :

  • Lantai Kayu / Parket
Lantai kayu atau parket biasanya ditempatkan didalam ruangan atau indoor, berbentuk lempengan persegi panjang dengan ukuran yang beragam, biasanya 1,2 x 5 x 20 sd 30cm. jenis kayu yang digunakan untuk parket adalah Jati, Merbau, Sonokeling, dan Sungkai
  •  Lam Parket
Memiliki fungsi dan penempatann yang sama dengan Lantai kayu / Parket, yang membedakannya hanyalah ukurannya yang lebih kecil.
  • Papan Tangga Kayu
Sesuai dengan namanya, papan tangga kayu biasa digunakan untuk menutupi bagian tangga atau menjadi pijakan anak tangga. bentuknya sendiri ialah papan persegi panjang. ukurannya lebarnya pun bisa disesuaikan. terdapat 2 jenis papan tangga kayu yang berbeda yaitu papan sambung dan tiak sambung.
  • Decking kayu
Decking kayu atau bisa juga disebut Lantai Kayu Outdoor adalah jenis lantai kayu yang biasa digunakan di area outdoor dikarenakan memiliki kekuatan yang bagus dan daya tahan terhadap cuaca. jenis kayu yang biasa digunakan adalah kayu bengkirai, kayu ulin dan kayu merbau. salah satu kelemahan dari jenis decking merbau adalah apabila terkena air maka akan mengeluarkan getah berwarna merah oleh karena itu jenis decking merbau kurang cocok untuk ditempatkan di luar.
  • Plafond Kayu atau Lumber shiring
Plafond kayu berfungsi untuk menutup langit-langit rumah. bentuknya sendiri adalah persegi panjang. rata-rata ukuran plafond kayu adalah  1x 8 x 100 cm. jenis kayu yang digunakan adalah bengkirai, keruing, agathis dan juga momala.


Sekian artikel tentang Lantai kayu solid dan jenis kayu untuk bahan dasarnya, semoga dapat bermanfaat dan menjadikan inspirasi untuk anda ...
Mengenal Lantai Kayu Solid dan Jenis Kayu untuk Bahan dasarnya Mengenal Lantai Kayu Solid dan Jenis Kayu untuk Bahan dasarnya Reviewed by Central Parquet on 07.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.