Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

Pusat penjualan LANTAI KAYU

Hubungi Kami
Pusat Lantai Kayu Terbesar dan terlengkap di Indonesia, dapatkan harga langsung Pabrik, Tersedia jasa pasang bergaransi !!!

Kayu Cendana: Jenis Kayu Dengan Sejuta Manfaat

 

Kayu Cendana: Jenis Kayu Dengan Sejuta Manfaat

Kayu Cendana – Berbicara soal material kayu, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada bidang konstruksi dan furniture bukan? Ya, hal itu memang benar bahwa material kayu selalu menjadi andalan dalam bidang konstruksi dan furniture.

Padahal, bahan kayu juga kerap dimanfaatkan untuk menunjang berbagai kebutuhan lainnya. Seperti produk kosmetik, aksesoris, hingga obat-obatan herbal lho. Seperti halnya jenis kayu cendana yang memang dikenal dengan sejuta manfaatnya untuk kehidupan.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar kayu cendana, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Penyebaran Pohon Kayu Cendana

Pohon cendana ini boleh dibilang sebagai salah satu jenis tumbuhan dengan pertumbuhan yang sangat lambat. Pasalnya, usia panen pohon cendana itu biasanya mencapai sekitar 40 tahunan. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat pohon cendana cukup sulit kita jumpai.

cendana merah dan cendana putih

Adapun mengenai pohon cendana yang akan dibedakan lagi kedalam dua jenis, yakni cendana putih dan cendana merah. Pohon cendana putih tumbuh subur di daerah Nusa Tenggara Timur seperti Flores, Sumba, Rote, dan sekitarnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini penyebaran pohon cendana mulai merambah ke berbagai daerah lainnya, seperti Bali, Sulawesi, Maluku, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Lain halnya jenis pohon cendana merah hanya bisa kita jumpai di kawasan Asia Barat, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan sekitarnya. Jika dinilai dari segi kualitasnya, kedua jenis kayu cendana tersebut tentunya memiliki perbedaan.

Kayu cendana putih memiliki aroma harum, sehingga harga jualnya pun jauh lebih tinggi ketimbang jenis kayu cendana merah. Sehingga tak heran, jika kayu cendana merah kurang diminati oleh konsumen.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik Kayu Jati Perhutani

Ciri Khas Pohon Kayu Cendana

Selain faktor usia panen yang sangat lama, harga jual yang mahal juga menjadi faktor penyebab dari langkanya ketersediaan kayu cendana di pasaran. Guna menunjang keberlangsungan hidupnya, pohon cendana ini membutuhkan inang sebagai sumber makanan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena pohon cendana termasuk tipe pohon parasit. Selain itu, bibit cendana juga sama sekali tidak memiliki sistem akar yang kuat. Alhasil, ia harus menyerap sumber makanan dari inangnya untuk bertahan hidup.

Dalam bahasa internasional, kayu cendana ini lebih dikenal dengan nama Sandalwood, atau yang bahasa ilmiahnya adalah Santalum Album. Adapun mengenai karakteristik dari pohon kayu cendana seperti berikut :

  • Memiliki daun berbentuk oval dengan kedua ujungnya yang lancip
  • Bentuk batang pohonnya tampak terlihat bundar
  • Warna kulit batang cendana putih cenderung cokelat keabu-abuan, sedangkan pohon cendana merah tampil dengan warna cokelat kemerahan
  • Pohon kayu cendana bisa tumbuh dengan ketinggian 11 – 15 meter, serta ukuran diameter batangnya yang mencapai 25 – 30 cm
  • Pohon cendana pada umumnya tumbuh subur di kawasan lahan subur, namun bisa juga tumbuh di daerah bebatuan (dengan pertumbuhan yang kurang maksimal)
  • Pohon cendana tumuh di dataran rendah pada ketingginan 1500 meter diatas permukaan laut (mdpl)
  • Pohon cendana membutuhkan paparan sinar matahari sepanjang hari agar bisa tumbuh maksimal.

Beragam Pemanfaatan Pohon Cendana

1. Dijadikan Produk Wewangian

manfaat kayu cendana - Dijadikan Produk Wewangian

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa jenis kayu cendana putih memiliki aroma harum. Sehingga tak heran, jika kayu asli Indonesia ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai produk wewangian seperti parfum, dupa, balsam,dan aromaterapi.

2. Dijadikan Obat Herbal

manfaat kayu cendana - Dijadikan obat herbal

Menurut informasi yang didapat, bagian kulit kayu dan minyak pohon cendana kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat herbal.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kulit dan minyak kayu cendana memiliki segudang manfaat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit disentri, melancarkan sistem pencernaan, dan memiliki sifat anti peradangan.

3. Dijadikan Produk Furniture

manfaat kayu cendana - Dijadikan produk furniture

Selain kayu jati, kayu cendana pun menjadi salah satu jenis kayu yang selalu menjadi primadona dalam industry furniture. Tak hanya kokoh dan kuat, bahkan produk furniture yang berbahan kayu cendana ini tampil dengan wujud yang benar-benar sedap dipandang mata. 

Adapun mengenai berbagai produk furniture berbahan kayu yang diantaranya seperti meja kayu, kursi kayu, lemari kayu, tempat tidur, kusen jendela, pintu kayu, dan lain sebagainya.

4. Dijadikan Produk Aksesoris

manfaat kayu cendana - Dijadikan produk aksesoris

Pemanfaatan berikutnya dari kayu cendana yang akan dibahas, yakni dijadikan bahan untuk kebutuhan kerajinan tangan. Biasanya souvernir yang berbahan kayu cendana kerap dibanderol dengan harga mahal.

Adapun mengenai berbagai souvenir berbahan kayu cendana seperti kipas tangan, gelang kayu, tasbih dan lain sebagainya.

5. Dijadikan Produk Kecantikan Kulit

Memiliki kulit wajah yang bersih dan mulus tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya, terang saja demikian, sebab kondisi kesehatan kulit memiliki peranan yang sangat penting dalam urusan penampilan.

manfaat kayu cendana - Dijadikan produk kecantikan kulit

Itu sebabnya, tak sedikit dari kita yang rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih. Berbicara soal kesehatan kulit, kayu cendana pun kerap dimanfaatkan untuk pembuatan produk kesehatan kulit.  

Namun manfaatnya ini bukan terletak pada kayu, melainkan pada bagian minyak astiri yang terkandung didalam batang pohonnya.

Minyak astiri cendana diklaim memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit seperti menghilangkan noda hitam, mencegah munculnya jerawat, membersihkan sebum atau minyak di wajah, hingga mengatasi masalah komedo.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Lantai Kayu Berdasarkan Tipe Produk dan Fungsinya

6. Dijadikan Produk Kosmetik

Tak hanya dijadikan bahan baku untuk produk kesehatan kulit, ternyata minyak yang terkandung pada kayu cendana ini juga selalu diandalkan dalam pembuatan produk kosmetik lho.

manfaat kayu cendana - Dijadikan produk kosmetik

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa, minyak pada kayu cendana ini bersifat anti taning yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu cendana kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk kosmetik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sluk beluk seputar kayu cendana, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.